Artikel Komputer tentang Pengertian Komputer

16 Oct 2014

artikel komputer

artikel komputer

Pada artikel komputer kali ini kita akan membahas tentang pengertian komputer, serta apa dan bagaimana istilah itu muncul.

Istilah atau kata komputer sebenarnya menunjuk pada sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur atau mekanisme yang telah dirumuskan dan ditetapkan. Pada awalnya, kata komputer merujuk pada orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika atau angka, baik dilakukan dengan suatu alat maupun tanpa menggunakan alat bantu. Namun istilah ini kemudian berpindah kepada alat atau mesin yang digunakan untuk perhitungan tersebut.

Seperti dikutip dari Barnhart Concise Dictionary of Etymology, komputer merupakan istilah yang telah digunakan sejak tahun 1646 dalam bahasa Inggris untuk menunjuk orang yang menghitung. Baru pada sekitar tahun 1897, kata itu juga dipakai atau dikenakan terhadap suatu alat hitung mekanis yang digunakan untuk melakukan perhitungan.

Yang menarik, para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang tugasnya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung selama berlangsungnya Perang Dunia II juga disebut dengan istilah komputer.

Pada awalnya, perhitungan aritmatika memang nyaris secara eksklusif hanya dikenakan pada berbagai teknik atau hal yang berhubungan dengan pengolahan informasi. Pengertian yang lebih sesuai untuk menggambarkan konsepsi atau cakupan tentang komputer adalah yang mengolah informasi atau sistem pengolah informasi.

Berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik seperti abacus, hingga semua komputer elektronik kontemporer yang ada saat ini bisa dikatakan sebagai komputer. Salah satu alat mesin hitung pertama yang berhasil dibuat adalah desain karya Charles Babbage yang dinamakan mesin analitikal.

Meskipun pada awalnya masalah pengolahan informasi hanya berkaitan dengan aritmatika, namun teknologi komputer modern yang ada saat ini mampu dipakai dan dimanfaatkan untuk banyak sekali tugas yang tidak hanya berhubungan dengan matematika atau perhitungan saja. Saat ini kita tentu mengenal komputer yang mengolah kata, pengolah angka, pengolah grafis, pengolah gambit atau foto, hingga komputer yang berhubungan dengan bahasa pemrograman yang rumit.

Itulah informasi tentang pengertian komputer dan cakupan kerjanya. Semoga artikel komputer ini berguna dan memberikan pengetahuan yang lebih mendasar untuk anda.


TAGS komputer internet


-

Author

Follow Me