Tempat Sampah Fiberglass untuk Mempercantik Kota

16 Oct 2014

Saat ini tempat sampah fiberglass telah menjadi solusi yang cukup cerdas dalam pengelolaan sampah yang makin menumpuk. Selain berfungsi sebagai tempat penampungan yang efisien, tempat sampah dengan bahan fiberglass ini juga berguna dalam meningkatkan kecantikan kota dan mendukung perencanaan tata kota yang lebih menarik.

Seperti kita tahu, saat ini masalah sampah telah menjadi problem nasional yang sangat gawat. Problem sampah tak kalah seriusnya dengan masalah kemiskinan dan pengangguran yang tentunya menuntut perhatian dan pemecahan yang bijak dan menyeluruh.

Tempat Sampah Fiberglass

Tempat Sampah Fiberglass (foto:http://energiputrabangsa.co.id)

Saat ini saja jumlah sampah yang ada di setiap kota di Indonesia setiap harinya rata-rata sebanyak 200 ton, seperti data yang diperoleh dari Kantor Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). DKI Jakarta misalnya bahkan menghasilkan sampah yang jauh lebih banyak dengan rata-rata sebanyak 6.000 hingga 7.000 ton setiap hari.

Fakta ini tentunya sangat mengkhawatirkan dan menyimpan potensi bahaya yang perlu segera diantisipasi dan diatasi dengan baik. Coba saja bayangkan jika jumlah sampah yang dihasilkan suatu kota sebanyak 200 ton setiap hari, maka dalam sebulan akan menumpuk menjadi 6.000 ton. Sedangkan dalam setahun jumlah itu akan berubah menjadi 70 ribu ton yang mungkin sudah akan membentuk suatu gunung baru yang sangat berbau dan akan menjadi sumber penyakit.

Untuk menghadapi problem sampah diperlukan penanganan yang mendesak, serius, dan sungguh-sungguh. Problematika sampah, seperti kata para ahli, ibarat pedang bermata dua. Jika problem ini tidak dikelola dengan baik, maka akan menjadi sumber bencana. Sebaliknya, jika dikelola dengan baik, maka problem itu tentunya akan memberikan manfaat yang lebih besar.

Nah, salah satu penanganan yang bisa dilakukan pemerintah kota atau pemerintah daerah setempat adalah dengan menyediakan tempat penampungan sampah yang baik diberbagai sudut kota. Adanya tempat sampah ini dapat menjadi alternative yang cukup solutif dalam mengelola sampah agar tidak berceceran.

Tempat sampah yang dibuat dari bahan fiberglass merupakan solusi yang memiliki manfaat ganda. Selain untuk menampung sampah, desain dari tempat sampah fiberglass yang menarik dan indah tentunya juga berguna dalam meningkatkan tata kelola perkotaan yang lebih cantik dan menarik.


TAGS Sampah Tempat Sampah


-

Author

Follow Me